Masalah yang sering dihadapi oleh warga Huntap Dongkelsari adalah tersumbatnya saluran IPAL (instalasi pembuangan air limbah). Hal tersebut terjadi karena masih adanya warga yang kurang peduli dan sadar akan lingkungan yang baru ini. Kurangnya kepedulian dibuktikan dengan adanya warga yang membuang sampah yang seharusnya tidak masuk ke saluran IPAL tersebut.
Minggu, 06/03/16. Warga RT 03 bersama-sama memperbaiki saluran IPAL di wilayah RT3. Warga bergotong royong membongkar saluran-saluran karena mampet. Dalam kegiatan tersebut banyak ditemukan rambut yang membuat aliran tersumbat. Pada pembongkaran sebelumnya sumbatan dikarenakan tersangkutnya celana dan sampah dalam saluran tersebut. Sampai saat ini rambut juga masih menjadi faktor tidak lancarnya aliran IPAL.
Kegiatan warga ini patut diapresiasi karena meskipun bangunan huntap sudah seperti perumahan tetapi semangat kegotong royongan masih terus berjalan. Dengan masih adanya kegiatan seperti ini, warga huntap jadi terlihat guyup rukun dan tidak meninggalkan tradisi masyarakat yang telah berlangsung sebelum mereka tinggal di huntap.
lilik r/Srodokan Gungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *