Di awal tahun 2017, tepatnya tanggal 18 Januari Huntap Dongkelsari, Gungan-Srodokan, Wukirsari, Cangkringan mendapat kunjungan dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwana X. Meskipun agenda utama Beliau adalah menyerahkan sertifikat Huntap ke Kantor Kecamatan Cangkringan, namun Beliau menyempatkan diri mampir mengunjungi Huntap Dongkelsari untuk melihat keadaan Huntap pasca bencana Merapi yang telah terjadi 6 tahun silam. Terdapat dua tempat yang menjadi tujuan kunjungan Sultan, yakni Jembatan Huntap dan Museum Dokumenter Merapi.

Totok Hartanto, selaku Kepala Dusun Gungan-Srodokan menunjukkan bagaimana perkembangan yang terjadi dalam Huntap Dongkelsari ditandai dengan adanya jembatan penghubung antara Huntap dan Dongkelsari, kemudian adanya pemanfaatan rumah kosong yang disulap menjadi fasilitas umum, dan lainnya. Fasilitas umum yang saat ini menarik pengunjung datang ke Huntap salah satunya adalah Museum Dokumenter Merapi. Totok juga menambahkan tentang gaya hidup warga dusun yang masih tidak meninggalkan gaya hidup lamanya, juga pekerjaannya. “..Meskipun disini konsepnya perumahan, tapi disini masih mempertahankan pekerjaan yang lama. Yang biasa berternak ya berternak, terus ada juga kelompok wanita tani dengan jamur tiramnya..” lanjut Totok.

Kehadiran Museum Dokumenter Merapi sebagai salah satu luaran dari pemanfaatan dan peningkatan kapasitas masyarakat dusun mendapat apresiasi yang tinggi dari Sri Sultan Hamengkubuwana X. Warga Dongkelsari membuktikan bahwa mereka sangat berdaya dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut. “..museum kan sesuatu yang sederhana, tapi idenya itu yang luar biasa..” lanjut Totok. Museum ini juga dapat menjadi tempat mengenang warga pada bencana Merapi yang terjadi 6 tahun lalu. Sri Sultan juga mengapresiasi bagaimana Museum Dokumenter ini telah menarik pengunjung yang tidak hanya berasal dari dalam negeri namun juga dari luar negeri.

Dalam kunjungannya, Sri Sultan juga berinteraksi dengan warga baik mengobrol singkat dan berfoto bersama. Beliau juga menanyakan kepada beberapa warga huntap apakah sudah nyaman tinggal di hunian yang baru. Terakhir, Sri Sultan berharap agar hal-hal yang baik dapat terus dipertahankan di Huntap Dongkelsari dan bahkan dikembangkan lagi. Totok sendiri memiliki cita-cita khusus, yakni menjadikan huntap Dongkelsari menjadi sebuah huntap wisata berbasis kebencanaan. (Vivi, Ila)

wukirsari-sleman.sid.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *