Huntap Dongkelsari Jadi Tuan Rumah KKN EXPLODE

EXPLODE KKN 64 merupakan sebuah konsep rangkaian acara yang ditujukan memperkenalkan potensi dan berbagai produk yang ada di desa Wukirsari. Selain berbagai potensi dan produk desa, pameran ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan masyarakat untuk melihat dan menilai hasil kinerja kelompok KKN selama periode KKN 64 UPN “Veteran” Yogyakarta. Desa Wukirsari merupakan sebuah desa yang memiliki potensi dan produk desa cukup banyak. Potensi potensi tersebut ialah potensi wisata alam berupa spot foto dan camping ground, potensi bambu, dan Salah satunya Disaster Education Village Gungan-Srodokan di Hunian Tetap Dongkelsari. Setelah letusan Merapi di masa kelam 2010 lalu, warga huntap dongkelsari bangkit. Sebagai rekam kaset atas kehidupan masa kelam, beberapa potensi yang berhasil diciptakan dan masih terus dikelola secara berkelanjutan ialah museum kebencanaan, rumah baca, omah batik, rumah jamur, kandang kambing komunal dan beberapa inovasi lain.

Maka kami berencana mengadakan sebuah acara yaitu EXPLODE KKN 64 UPN “Veteran” Yogyakarta 2018 sebagai bentuk apresiasi terhadap potensi potensi dan kerja keras yang dibagun bersama masyarakat dalam mengelola potensi tersebut selama periode KKN. EXPLODE KKN 64 UPN “Veteran” Yogyakarta 2018 dilaksanakan di Huntap Dongkelsari, Dusun Gungan, Srodokan-Gungan, Cangkringan, Kabupaten Sleman pada hari Sabtu 28/04/2018 dan diikuti oleh 18 Dusun yang ada di Desa Wukirsari. Rangkaian acara EXPLODE KKN 64 UPN “Veteran” Yogyakarta 2018 terdiri dari jalan sehat, sarasehan, pentas seni, dan pasar rakyat. Jalan sehat ditujukan bagi masyarakat umum sedangkan sarasehan ditujukan bagi masyarakat umum dan pegiat sosial media. Pentas seni dan pasar rakyat dikhususkan bagi anak anak, pameran produk desa Wukirsari dan hasil KKN 64 UPN “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari pukul 07.00 – 22.00 WIB

 Dengan diadakannya EXPLODE KKN 64 UPN “Veteran” Yogyakarta 2018 diharapkan dapat mengoptimalkan potensi di Desa wukirsari secara berkelanjutan, dan dapat membangun hubungan harmonis serta bersinergi antara mahasiswa KKN UPN “Veteran” Yogyakarta selanjutanya dengan masyarakat desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *