Museum Dokumenter Kebencanaan Desa Wukirsari di apresiasi Ibu Sri Purnomo dan Penggerak PKK Desa

Setelah selesai menghadiri pertemuan anggota UKM di Desa Wukirsari, Ibu Kustini Sri Purnomo istri Bapak Bupati Kab. Sleman dan Ibu Ani istri Bapak Kepala Desa Wukirsari menyempatkan waktu untuk mengunjungi Museum Dokumenter Kebencanaan di Dusun Srodokan/Huntap Dongkelsari.

Dengan dipandu langsung oleh Bapak Dukuh Totok Hartanto, Ibu Sri dan Ibu Ani berkeliling melihat isi museum mini tersebut. Bapak Dukuh juga menceritakan bagaimana museum itu dibuat dan menjelaskan isi dari museum itu. Beliau mengatakan bahwa museum Dokumenter Kebencanaan didirikan atas inisiatif dan swadaya warga yang bertujuan untuk mengenang dan pembelajaran bencana khususnya gunung berapi. Barang-barang sisa erupsi di museum pun asli dari warga penduduk dusun Srodokan Gungan.

“kemungkinan isi museum akan terus bertambah mengingat warga sering menemukan benda-benda saat melakukan penggalian di pekarangannya” ungkap Bapak Totok. Selanjutnya untuk pelengkap dokumenter kebencanaan akan ditambahkan early warning system gempa bumi dan beberapa alat komunikasi seperti handy talky beserta antenanya. “Berhenti bersedih, terus tersenyu, apapun itu life must go on!!!” tulisan Ibu Ani saat menulis kesan dan pesan tentang Museum Dokumenter Kebencanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *