Berikut ini adalah 6 titik potensi wisata yang sedang menjadi fokus untuk dikembangan oleh Desa Wukirsari :

DISASTER EDUCATION VILLAGE HUNTAP DONGKELSARI

Disaster Education Village Gungan Srodokan / Hunian Tetap (huntap) Dongkelsari yang secara administrasi berada di Desa Wukirsari Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak tempuh dari kota jogja sekitar 20 Km dengan tempuh relatif sekitar satu jam, huntap terletak di Lereng Selatan Gunungapi Merapi. Tempat ini dihuni paska erupsi Gunungapi Merapi Tahun 2010.

Warga yang menempati berasal dari Dusun Srodokan Gungan Wukirsari Sleman. Mereka sudah Enam tahun menempati kawasan tersebut. Seiringan dengan waktu yang berjalan, mereka pun tetap sadar akan bahaya erupsi Merapi.

Upaya kesadaran diwujudkan dalam berbagai rupa bentuk meliputi pembangunan budaya dan fisik. Hal tersebut tercermin dalam Kirab Budaya tahunan dan pembuatan Museum Dokumenter Kebencanaan.

Kirab Budaya Tahun 2016 merupakan Kirab Budaya yang pertama kali digelar. Prosesi kirab budaya menggambarkan Proses Bedol Desa atau relokasi dari dusun lama atau yang terdampak langsung erupsi Merapi 2010 ke huntap Dongkelsari. Kegiatan kirab ini akan dijadikan kegiatan tahunan di bulan november.

Museum Dokumenter kebencanaan diresmikan tanggal 26 Februari 2016, merupakan usaha kolektif warga dalam mengelola pengetahuan bersama. Warga mengumpulkan barang, foto dan lain lain untuk mewujudkannya.

Barang barang tersebut meliputi segala macam benda yang ditemukan akibat erupsi Merapi 2010 di dusun tersebut. Diantaranya peralatan rumah tangga, alat transportasi dan komunikasi. Foto foto yang dipamerkan adalah hasil dokumentasi warga. Seiringan dengan berjalannya waktu ada juga yang menghibahkan Peta Kawasan Rawan Bencana Merapi dan juga simulator awan panas.

Selaian Museum Dokumenter kebencanaan tersebut, di kawasan ini terdapat Bangunan komunal lainnya diantaranya Balai warga,Masjid, Rumah baca Komuntas, Rumah Batik, Rumah Jamur, Instalasi Air dan Kandang ternak.

Rumah Baca Komunitas menjadi perpustakaan yang menyiapkan koleksi bacaan meskipun masih terbatas. Rumah baca juga menerima hibah buku baik secara perseorangan atau kelompok. Mungkin anda juga bisa menyumbangkan buku untuk menambah jumlah dan melengkapi koleksi bacaan.

Rumah Batik adalah tempat untuk kriya batik yang kedepan diharapkan bisa tetap melestarikan batik dan sebagai bonusnya mungkin akan tercipta suatu motif khas Dongkelsari. Disini terdapat koleksi gambar motif dan alat alat untuk melakukan proses batik. Hasil belajar membatik anak anak dihuntap menjadi koleksi yang ikut mewarnai kehadiran rumah batik.

Rumah Jamur merupakan sebuah sentra usaha jamur yang dikelola bersama oleh warga. Ada jamur tiram dan jamur kuping. Biasanya dipetik atau panen pada pagi hari. Instalasi air komunal bantuan dari Badan Geologi KESDM menjadi salah satu penyuplai air untuk kebutuhan warga huntap. Kandang kandang ternak komunal terletak pada sisi luar Huntap dipisahkan antara ternak kambing dan ternak sapi.

Harmonisasi alam dan manusia menciptakan nuansa tersendiri yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kalo kita mau berjalan jalan di sekitaran Huntap akan menemukan beberapa spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Luangkanlah waktu untuk mengunjungi Huntap Dongkelsari dan temukan keunikan pengalamanmu disana. Lokasi ini terbuka setiap saat dan ada baiknya untuk menghubungi Totok Hartanto selaku Kepala Dusun Srodokan Gungan Wukirsari melalui whatsapp dengan nomer +62 857 4247 2035.

Dusun cancangan merupakan dusun yang terletak di dalam desa wukirsari. Perjalanan yang ditempuh dari kota Yogyakarta untuk sampai ke dusun cancangan yaitu kurang lebih 40 menit. Potensi wisata yang dimiliki oleh dusun cancangan sangatlah beragam. Salah satunya yaitu potensi wisata tentang kawasan studi  dan konservasi burung hantu. Konservasi ini terbentuk dikarenakan keresahan warga dusun cancangan oleh hama seperti tikus dan serangga serangga lainnya yang mengganggu sistem bercocok tanam warga sekitar, karena burung hantu merupakan pemangsa sekaligus penjaga yang baik untuk menjaga sawah warga dari serangan hama. Berawal dari keresahan warga hingga sekarang burung hantu disana sudah dikembang biakan dan menjadi sebuah konservasi dan bahkan menjadi kawasan studi untuk burung hantu. Sudah banyak para peneliti yang tertarik dengan burung hantu mengunjungi dusun cancangan hanya untuk mempelajari dan meneliti langsung tentang burung hantu yang telah menjaga ladang dan sawah warga dusun cancangan.

Dusun Brayut

Dusun brayut merupakan salah satu dusun yang terletak di desa wukirsari yang memiliki potensi ekowisata yaitu pohon jati dan sungai . Kenapa dikatakan ekowisata karena dusun brayut memiliki lahan yang ditumbuhi beraneka ragam tumbuh-tumbuhan yang dimanfaatkan untuk wilayah ekowisata. Tumbuhan yang terdapat di dusun brayut mulai dari tumbuhan obat, pepohonan yang rindang, serta perkebunan yang menyediakan berbagai sayur sayuran yang biasa digunakan oleh warga untuk konsumsi sehari-hari bahkan untuk diperdagangkan untuk menambah penghasilan warga. Berbagai macam pengunjung datang ke dusun hanya untuk menikmati alamnya yang rimbun dan menyegarkan. Banyak juga para pemborong datang dari kota untuk membeli hasil perkebunan dusun brayut.

Dusun Balangan

Dusun yang satu ini juga tak kalah indahnya dengan dusun lain. Dusun balangan menyediakan potensi wisata rekreasi alam. Dusun balangan memiliki lahan yang sangat luas dan didukung dengan suasana yang menenangkan. Tempatnya sangat cocok untuk rekreasi keluarga karena di dusun balangan menyediakan tempat untuk camping ground dan outbond sehingga keluarga yang datang kesini merasa nyaman menyenangkan setelah merasa lelah dengan kehidupan di kota. Warganya juga yang sangat ramah menambah nilai kepuasan tersendiri dari dusun balangan desa wukirsari ini. Dusun balangan juga memiliki balai pusat pelatihan pertanian. Balai tersebut digunakan untuk para petani untuk berkumpul dan berbagi ilmu serta pelatihan pelatihan tentang bercocok tanam. Sayuran dan buah buahan yang ditanam di dusun balangan adalah sayuran organic yang sangat sehat tanpa pestisida dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

 Dusun Huntap Gondang 2

Dusun Gondang adalah sebuah dusun yang tidak hanya ada interaksi antar masyarakat setempat saja. Lebih dari itu seperti Dusun Gondang menyimpan banyak potensi wisata. Salah satunya pemanfaatan sumber daya alam sebagai tempat rekreasi alam yang memiliki nilai jual. Di Dusun Gondang sendiri kita dapat menikmati indahnya alam nan indah, sejuk, dan damai yang terhindar dari hiruk pikuk kota. Di Dusun ini terdapat Camping Ground. Jadi, bagi teman-teman yang suka ngecamp bisa langsung ke Dusun ini. Untuk camping ground nya terdapat lahan outbound yang luas. Kita dengan leluasa menikamti indahnya alam nan asri.  Untuk akses pun kita tidak susah, kita hanya menempuh waktu sekitar 30 menit dari Kota Yogkarta saja.

 Potensi wisata Dusun Gondang Sendiri sudah baik dalam pegelolaanya. Hal ini terlihat dari manajemen yang sudah tertata rapih seperti pengelolaanya baik dari pemeliharaan wisata alam nya sendiri maupun akses bagi wisatawan untuk menikmati panorama alam nan indah dan sejuk dari Dusun Gondang itu sendiri. Namun mungkin bisa diperhatikan untuk lebih mengoptimalkan lagi pengelolaan sehingga potensi wisata Dusun Gondang bisa menjadi destinasi wisata unggulan.

Dusun Bulak Salak

Sebuah Dusun yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikanya yakni di Dusun ini ditumbuhi begitu banyak keanekaragaman jenis tanaman bambu .Sangat unik, bambu yang dulunya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan rumah, sekarang sedikit bergeser sebagai bahan yang memiliki nilai jual tinggi. Bambu di Dusun Bulak Salak mewadai para peneliti untuk meneliti jenis-jenis bambu yang tumbuh di Dusun terebut. Tidak hanya meneliti, wisatawan pun yang merasa penasaran dengan tumbuhan yang berbuku yang begitu banyak tumbuh di Dusun Bulak Salak, dapat dengan mudah  mengunjungi Dusun ini.